RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMK 10 Padang
Mata Pelajaran :
ADM
Kelas / Semester :
XI (Sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 1. Siswa mampu dan mengerti tentang
konsep penghapusan barang,serta mampu
menginventaris barang-barang yang perlu dihapuskan
Kompetensi Dasar :
1.1 Ruang
lingkup Perbekalan Kantor (Penghapusan Barang Invetaris
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Memahami pengertian
Penghapusan Barang dan penghapusan barang inventaris
2. Mengetahui Syarat-syarat Penghapusan barang
inventaris
3. Menjelaskan Fungsi dan Jenis-jenis Penghapusan barang inventaris
.
Alokasi Waktu : 1x 15 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat menjelaskan pengertian penghapusan barang dan penghapusan barang
inventaris.
b)
Siswa
dapat menjelaskan syarat-syarat
penghapusan barang inventaris dan fungsi serta jenis-jenis penghapusan barang
inventaris..
·
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
B. Materi Pokok
Ruang
lingkup perbekalan kantor.
C. Uraian Materi
a)
Pengertian penghapusan barang
b)
Syarat-syarat
penghapusan barang inventaris
c)
Fungsi penghapusan
barang inventaris
d)
Jenis-jenis
penghapusan barang inventaris.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
pengertian penghapusan barang ,
barang yang telah di infentaris,syarat-syarat penghapusan barang inventarisa
dan bagaimana cara penghapusanya
|
· Mencari informasi tentang pengertian penghapusan barang dan penghapusan barang
inventaris.
· Mencari informasi tentang bagai mana cara penghapusan barang inventaris
dan apa saja syarat-syarat penghapusanya..
|
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian penghapusan barang dan penghapusan barang
inventaris.
· Siswa dapat Menjelaskan bagaimana cara penghapusan barang inventaris dan apa saja syarat-syarat
penghapusanya..
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang penghapusan barang.
Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenapu penghapusan barang / inventaris.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai penghapusan
barang ini sangat penting dan apabila kita telah memahaminya maka akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan syarat-syarat penghapusan barang. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang diberikan guru (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan power point
Mengetahui Padang 6 Desember 2012
Kepala Sekolah
Guru
pengajar
M.Mahmud Aini M.Pd
Ari
Pratiwi S.Pd
NIP
0989877665354557 NIM 18913